Patroli Keamanan Hutan Perhutani dengan SMKKN Samarinda

    Patroli Keamanan Hutan Perhutani dengan SMKKN Samarinda

    Banyuwangi Barat - Perum Perhutani KPH Banyuwangi Barat melakukan Patroli Keamanan Hutan bersama dengan Siswa PKL Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri (SMKKN) Samarinda dalam Kawasan Hutan Petak : 63 A2 , 63 B1, 63 N3 dan 71 C RPH Sidomulyo BKPH Kalisetail, pada Minggu (21/10/2024).

    Patroli Keamanan Hutan dalam Kawasan Hutan dipimpin oleh Kaur Teknik Kehutanan BKPH Kalisetail dan Polhut BKPH Kalisetail sehingga dalam pelaksanaannya sesuai dengan Petunjuk Kerja (PK) Sistem Manajemen Perhutani (SMPHT) Kemanan Hutan. Banyak hal yang sudah dipelajari oleh siswa PKL tentang teknik Patroli Keamanan Hutan yang dilakukan oleh Perhutani KPH Banyuwangi Barat.

    Ketua Kelompok 11 Siswa PKL SMKKN Samarinda, M. Ridho Permana Siddiq mengatakan pelaksanaan patroli malam dengan tujuan melakukan pengawasan keamanan hutan dari tindakan pencurian hasil hutan, perusakan hutan, dan perburuan ilegal.

    “Patroli malam ini menjadi salah satu kegiatan kami yang lumayan menguji nyali karena berkeliling hutan saat malam hari namun dengan bimbingan pembimbing lapangan yang profesional membuat patroli malam menjadi seru dan berkesan, ” ujar Ridho.

    Mewakili Kepala Perum Perhutani (Administratur) KPH Banyuwangi Barat, Kaur Teknik Kehutanan BKPH Kalisetail, Untung Hariyanto mengatakan bahwa kegiatan Patroli Keamanan Hutan ini merupakan praktek lapangan bagi siswa SMKKN Samarinda.

    “Ini sebagai wujud kepedulian Perhutani kepada pembentukan karakter generasi muda di bidang kemanan hutan dan kemanan hutan adalah salah satu kegiatan pengelolaan hutan yang dilakukan Perhutani, ” kata Untung.

    “Kami memberi arahan dan ilmu tentang Patroli Keamanan Hutan sesuai dengan Prosedur sehingga dapat diterapkan di daerahnya masing masing, ” pungkasnya.@Red.

    Mayzha

    Mayzha

    Artikel Sebelumnya

    Kolaborasi Perhutani Banyuwangi dengan Pemdes

    Artikel Berikutnya

    Peringatan Hari Jadi Kota Batu ke-23, Pendakian...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Panglima TNI dan Kapolri Pastikan Keamanan Presiden RI Ke-7 Sampai Solo
    Presiden Prabowo Lantik Kabinet Merah Putih di Istana Negara